Peningkatan Layanan dan Cakupan Program Lansia

Senada dengan program "LANSIA TANGGUH" yang dicanangkan oleh pemerintah kabupaten Bondowoso, pada hari Kamis tanggal 29 Agustus 2024 Puskesmas Kademangan melakukan salah satu strategi peningkatan pelayanan dan cakupan program lansia yaitu dengan diadakannya Posyandu Lansia di Kelurahan Tamansari RT. 24 tepatnya Posyandu Lansia Melati 2 yang bertempat di PAUD Sekar Sari. Kegiatan ini rutin dilakukan setiap bulan guna memantau kondisi kesehatan baik fisik maupun emosional setiap lansia yang ada.

Di posyandu lansia kegiatan yang dilakukan antara lain meliputi : 
1. Pendaftaran pasien yang datang 
2. Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan, pemeriksaaan tekanan darah dan lingkar perut juga screening ADL dan SKILAS 
3. Pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol dan pemeriksaan kesehatan.
4. Pencatatan hasil pemeriksaan di SIP ( Sistem Informasi Posyandu)
5. Penyuluhan dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT)                   
Posyandu Lansia merupakan konsep yang unik dan inovatif dalam sistem kesehatan, yang menggabungkan layanan kesehatan dengan pelayanan sosial dan pendidikan. Posyandu lansia juga menjadi tempat yang menawarkan pendekatan holistik untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan lansia.
Posyandu lansia bertujuan untuk melayani kesehatan lansia dengan menitikberatkan pada upaya promotif dan preventif. Di samping pelayanan kesehatan, posyandu lansia juga memberikan pelayanan sosial, pendidikan, keterampilan, olahraga, seni budaya, dan pelayanan lain untuk meningkatkan kualitas hidup. Tujuannya adalah untuk membantu lansia beraktivitas dan mengembangkan potensi diri mereka sehingga program "LANSIA TANGGUH" dapat tercapai.

Share Berita Ini