Ikut Kelas Ibu Hamil, Dapatkan Banyak Manfaat

Dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu hamil dan melahirkan, maka Puskesmas Kademangan secara teratur melaksanakan Kelas Ibu hamil yang tahun ini dilaksanakan pada bulan Juni 2024 sampai Agustus 2024. Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan). Bidan Induk dan bidan wilayah menjadi fasilitator dalam kegiatan ini. Masing-masing kelas terdiri dari maksimal 10 orang peserta,  yang didampingi oleh  keluarga dari ibu hamil, untuk mendukung ibu hamil dalam mengimplementasikan tindak lanjut dari ilmu yang sudah didapat selama mengikuti kelas. Kegiatan ini dilaksanakan di 3 wilayah UPTD Puskesmas Kademangan yaitu Kelurahan Kademangan, Kelurahan Tamansari, Desa Pejaten. Tujuan kelas ibu hamil adalah meningkatkan pengetahuan, merubah sikap dan perilaku ibu agar memahami tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, persalinan, perawatan nifas, KB pasca persalinan, perawatan bayi baru lahir, mitos / kepercayaan / adat istiadat setempat, penyakit menular seksual dan akte kelahiran. Kegiatan ini terdiri dari diskusi dan pemaparan materi tentang:

  1. Perubahan tubuh selama hamil
  2. Keluhan selama hamil
  3. Gizi ibu hamil
  4. Tanda bahaya kehamilan
  5. P4K ( Program Perencanaan  Persalinan dan Pencegahan Komplikasi )
  6. Senam hamil

Dengan kegiatan kelas ibu hamil ini diharapkan bisa menambah pengetahuan dan merubah perilaku ibu hamil, sehingga ibu hamil bisa mencegah dan mengatasi sedini mungkin bila terjadi komplikasi kehamilan, dan Angka Kematian Ibu bisa dicegah.

Siapa Saja yang Boleh Ikut? Tentu memiliki kehamilan dan persalinan yang lancar adalah dambaan semua ibu. Tapi juga,  mengingat kehadiran si kecil bukan hanya dambaan bunda seorang, Ayah pun diharapkan ikut serta dalam kelas hamil yang diadakan paling sedikit 1 kali pertemuan. Selain agar mendapat berbagai materi yang penting, Ayah pun juga jadi paham apa saja cara terbaik untuk menjaga istrinya yang sedang mengandung. Dukungan dari orang terdekat memang sangat penting untuk ibu hamil. Selain suami, ibu kandung atau ibu mertua, saudara perempuan, sahabat, atau calon pengasuh, juga diperkenankan mengikuti kelas ini untuk mendampingi ibu hamil. (admin)

 

Share Berita Ini